Rechercher dans ce blog

Jumat, 28 Februari 2020

BNPB: Hingga Februari Terjadi 652 Bencana di RI, Ada 123 Korban Jiwa - detikNews

Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 600 lebih bencana terjadi di Indonesia sepanjang awal tahun hingga Februari 2020. Tercatat ada 123 korban jiwa, dua orang hilang, dan 1,4 juta orang mengungsi.

"Sejumlah korban jiwa tadi diakibatkan bencana hidrometeorologi yang persentasenya 99,85 persen, seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor. Bencana ini masih mendominasi hingga pada bulan ini," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, dalam keterangannya, Sabtu (29/2/2020).

Dia merinci korban jiwa akibat banjir ada 102 orang, longsor 16, dan puting beliung 4 orang. Pada periode ini bencana yang terkait dengan iklim dan cuaca berdampak tidak hanya korban jiwa tetapi kerugian materiil.

BNPB mencatat akibat banjir ada 2.013 unit rumah rusak berat, 1.148 rumah rusak sedang, dan 2.512 rumah rusak ringan. Sementara, akibat angin puting beliung, ada 514 unit rumah rusak berat, 620 rumah rusak sedang, dan 4.428 rumah rusak ringan. Sedangkan akibat longsor, ada 52 unit rumah rusak berat, 26 rumah rusak sedang, dan 200 rumah rusak ringan.

"Rincian jumlah kejadian bencana sepanjang Januari-Februari 2020 sebagai berikut, banjir 255 kejadian, puting beliung 202, tanah longsor 133, kebakaran hutan dan lahan 58, gempa bumi 1, kekeringan 1 dan gelombang pasang 1," urai Agus.

Sementara itu, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan curah hujan tinggi masih terjadi hingga awal Maret di berbagai daerah di Indonesia. BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada akan potensi kejadian banjir.

Sementara Deputi Sistem dan Strategi BNPB Bernadus Wisnu Widjaja menyatakan, untuk mengantisipasi datangnya banjir perlu adanya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan merutinkan kembali kegiatan kerja bakti, khususnya membersihkan drainase.

Tonton juga video Pesan Kepala BNPB kepada Pejabat Daerah: Kurangi Tidur!:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/knv)

Let's block ads! (Why?)



"terjadi" - Google Berita
February 29, 2020 at 11:41AM
https://ift.tt/2TnVFZ7

BNPB: Hingga Februari Terjadi 652 Bencana di RI, Ada 123 Korban Jiwa - detikNews
"terjadi" - Google Berita
https://ift.tt/2FocxIK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Experts React: Energy and Trade Implications of Tariffs on Chinese Imports - CSIS | Center for Strategic and International Studies

gamagana.blogspot.com Image The Clash of Systems Continues Scott Kennedy, Senior Adviser and Trustee Chair in Chinese Business and ...

Postingan Populer